Kamis, 04 Juni 2015

Review -SeoulMate- by Lia Indra Andriana




JUDUL                           : SEOULMATE
PENULIS                       : Lia Indra Andriana
PENERBIT                     : Penerbit Haru
JUMLAH HALAMAN   : 300 hlm
TAHUN TERBIT            : Januari 2011
ISBN                              : 987-602-98325-0-1



Ketika kenyataan menentangmu untuk terus berharap

Sebuah harapan untuk bertemu kembali dengan seorang pria telah memaksa Kim Sin menggunakan kemampuannya berkomunikasi dengan hantu. Ia memutuskan menjadi mate dan bergabung dalam sebuah organisasi ‘penyalur hantu’ benama SeoulMate, ia bertugas menjaga serta membantu soul atau hantu yang bergabung dalam SeoulMate untuk melaksanakan proposal dari pada klien SeoulMate.

Tak disangka, Sun ditugaskan menjaga soul yang amnesia! Hantu baru ini sama sekali tidak mengingat kehidupan manusianya dan terus mendesak Sun untuk membantu menemukan asal-usulnya. Sun tidak habis pikir bagaimana -dia dan Jang-nama yang ia berikan untuk soulnya-dapat menyelesaikan proposal dari klien jika selalu bertengkar.

Namun, semua berjalan diluar dugaan. Tanpa disadari, sengatan-sengatan perasaanyang disebut cinta itu mulai tumbuh antara Sun dan Jang.

Pada saat yang hampir bersamaan,sebuah kenyataan menghadapakan Jang kepada pilihan,antara tetap menjadi soul yang menjalani cinta abnormal dengan Sun attau menuju tempat yang wajar bagi para hantu dan menghilang dari kehdupan gadisnya….


-------SEOULMATE-------


“Aku ingin kau kembali menjadi Ji Woo.”

Jeda yang sangat panjang membuat Sun sulit bernapas.

“Oke.”

Hanya itu jawaban yang diberikan Jang. Ia mendekat, menyentuh wajah Sun. “Aku berjanji akan langsung mencarimu,” ucapnya.”Ini bukan perpisahan, Sun. Aku  akan menjadi Ji Woo dan mencarimu.” “Sun tertawa. “Kau akan mencariku?”

Tentu saja,” ucapnya. “Kita ini soulmate… kita akan bertemu, percayalah padaku, Sun.” Jang berkata lagi dengan mantap.
Seoulmate- Perkumpulan hantu dan manusia yang saling bekerjasama dalam menyelesaikan sebuah proposal dari klien mereka. Dan disanalah, Jang bertemu dengan Sun, wanita yang menurutku emosional, dia gampang sekali marah. Sebenarnya Sun awalnya tidak ingin bergabung di SeoulMate, tapi karena mendengar nama Dong disebut, maka Sun terpaksa menyetujuinya. Seperti kata Dong pada Siwon-mereka adalah pendiri grup SeoulMate-, orang yang terus mendesak agar Sun ikut kedalam grupnya. “Jika kau kesulitan saat membujuk Sun untuk bergabung,  sebut namaku saja, maka ia akan ikut bergabung.” Dan itu terbukti!

Jang  dan Sun merupakan pasangan Soul dan Mate yang harus bekerja sama saat melaksanakan proposal, hati mereka harus bersatu agar bisa menyelesaikan dengan baik, tapi mereka ragu akan itu. Bagaimana tidak sejak awal pertemuan saja mereka selalu bertengkar, berbeda pendapat. Ingat awal pertama kalinya Sun mengunjungi Hanok? tempat tinggal para soul dan mate. Disaat itulah Sun mulai membenci Jang, hantu yang baru  saja bergabung di grup itu sesuka hatinya menyalakan Ondol-alat pemanas ruangan-disaat musim panas sekarang ini. Sejak saat itu mereka terus saja bertengkar, hanok akan terasa sepi jika sehari saja tidak mendengar mereka ribut. Hehe.

Tapi… siapa sangka, setelah begitu lama menghabiskan waktu bersama. Jang dan Sun mulai saling menyukai satu sama lain. Itu bermula saat Sun berada dipulau Nami, dimana ia bekerja sebagai Tour Guide disana, tiba-tiba saja Jang muncul dan mencium Sun disana.

Perlahan, Sun bisa menerima semua kenyataan ini. Dimana ia, seorang manusia jatuh hati pada seorang hantu, sulit untuk dipercaya tapi mereka tetap menjalani hubungan itu dengan baik. Tapi, hubungan itu mulai sedikit goyah di saat Arang seorang hantu wanita yang berumur ratusan tahun muncul di tengah mereka, hantu yang mengetahui bahwa Jang adalah hantu baru, hantu yang meninggal beberapa bulan lalu. Jang mulai tertarik dengan Arang, ia memaksa Sun untuk merekrut Arang sebagai Soul-nya juga, itu sangat mustahil. Tapi Sun terpaksa menyetujuinya. Karena ia juga ingin membantu Jang untuk mengetahui asal-usul dirinya.

Dan ternyata Jang tidaklah mati, dalam artian mati sungguhan. Jang yang ternyata bernama Asli Shin Ji Woo itu sedang dalam keadaan koma setelah mengalami kecelakaan dan tengah terbaring lemah disalah satu rumah sakit. Jang yang ternyata adalah salah satu anggota-Kick, pertunjukan yang menggabungkan atraksi taekwondo dalam sebuah drama.

Saat mengetahui kebenaraan itu, Sun memilih untuk menutup mulut. Ia tidak ingin memberitahu Jang, ia tidak ingin Jang pergi meinggalkannya. Namun, keputusan itulah yang membuat Jang sedikit membenci Sun yang tidak jujur padanya, begitu juga dengan Sun. Ia benci pada Jang karena Jang selalu saja berbicara tentang kebaikan Arang padanya, Arang yang memberitahu semuanya pada Jang. Sampai akhirnya Sun menyuruh Jang pacaran saja dengan Arang, bukankah mereka sama-sama hantu?

Tapi akhirnya Sun sadar dia salah, dia pun menyuruh Jang kembali ketubuuhnya dan kembali hidup normal layaknya manusia biasa. Bukankah Jang, ah tidak. Bukankah Ji Woo juga memeiliki keluarga yang menantikannya. Egois jika Sun terus berharap Jang bersamanya? Lalu, apa yang terjadi? Apakah Jang akan melakukannya? Kembali ketubuhnya? Dan, apakah nanti jika Jang kembali ketubuhnya dan hidup lagi menjadi Ji Woo, ia akan mengingat Sun?

****

Novel ini yang paling berkesan menurutku, entah kenapa hatiku terasa teriris, begitu menyakitkan. Sepertinya aku ikut merasakan kesedihan yang di alami oleh Sun, ketika ia akhirnya memutuskan untuk merelakan Jang kembali ketubuhnya. 

Ini novel bergenre Romance-Fantasy yang sangat Luar Biasa. Meskipun beberapa  tokoh di novel ini adalah Hantu, bukan berarti novel ini menakutkan ya. Justru ini novel yang penuh akan magic, dimana seketika kau akan merasa bahagia, sedih, lucu, kecewa, dan entahlah, apapun itu  kau pasti akan merasakan sesuatu yang membuatmu Suka dengan novel ini. Suka dengan Sun, Jang, Dong, Siwon (bukan member Super Junior ya-hanya namanya saja yang sama-) atau bahkan dengan Arang? Sangat membingungkan.

Penokohan => Semua tokoh di novel ini mendapatkan karakter yang kuat dan begitu melekat pada diri mereka. Dan tokoh Favoritku adalah Jang!! Hantu yang tergabung dalam kelompok misterius(?) yang diberi nama SeoulMate.

Cover => novelnya juga menggemaskan, melihat sosok hantunya yang lucu. Ide cerita, Keren! Apalagi kalau sudah membahas soal Korea, hehe. Aku suka banget! Di novel ini banyak membahas tentang tempat-tempat wisata yang terkenal disana, menambah ilmu pengetahuanku. Novel ini juga menggunakan bahasa campuran Indonesia-Korea-Inggris. Lumayan, menambah kamus kosa kata bahasa korea ku, hehe.

Recommended => buat para remaja-remaja, khususnya buat kalian yang suka sama Korea. Banyak pengetahuan baru yang akan kalian temukan disini tentang Korea.

Terima kasih buat Penerbit Haru yang tak pernah berhenti menerbitkan buku yang berkukalitas baik, dan buat kak Lia di tunggu novel yang lainnya ^^ Hwaiting!! Sukses----- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar