Jumat, 05 Juni 2015

Review -Simple Thinking abou Blood Type 3- by Park Dong Sun





Judul                      : Simple Thinking about Blood Type 3
Penulis                   : Park Dong Sun
Penerjemah            : Achie Linda
Penerbit                 : Penerbit Haru
Terbitan                 : Mei 2015
ISBN                     : 978-602-7742-51-2



Pernah mengalami kesulitan memesan makanan ketika golongan darah A, golongan darah B, golongan darah O, dan golongan darah AB berada dalam satu tempat?
 Bingung karena teman sekamar ngaak pernah bersih-bersih?

Ingin terlihat baik di depan bos killer?

Penasaran mengapa terjadi konflik gara-gara ttidak bisa memilih antara ayam dan pizza?

Jika tidak saling mengenal, memesan ayam sepotong pun bisa menimbulkan pertengkaran.

Cari tahu dulu sifat lawan bicara agar tidak timbul salah paham; entah itu kewarganegaraan, etnik, ataupun hal yang sudah diakui oleh seluruh dunia, yaitu golongan darahnya.



Pembahasan tentang dunia golongan darah akan selalu memancing senyum. Bersiaplah untuk tersenyum juga.


-------SIMPLE THINKING ABOUT BLOOD TYPE 3--------


Tahu ngak sih kalian dengan istilah Pygmalion effect*, Labeling effect*, dan Barnum Effect*? Yang golongan darahnya AB pasti tahu nih, hehe. Emang deh orang yang memiliki golongan darah AB dikenal sebagai type orang yang cerdas! Tapi, disaat sedang berkumpul rame-rame buat nentuin tempat untuk hangout bareng si pemilik golongang darah AB terkadang susah di ajak diskusi, kenapa? Karena mereka itu orang yang individualis dan kritits,yap kritis, susah jadinya nentuin tempat yang cocok jadinya, setiap apa yang disarankan pasti ada aja komentar negative darinya yang buat orang lain jadi pusing, maunya kemana? Hehe.

Terus.. terus… kalau yang punya golongan darah A, orangnya prepare banget ya, betul ngak sih? Semuanya terencana banget gitu, meski terkadang dia suka negative thinking gitu. Belum apa-apa sudah berpikiran yang buruk. Nah, kalau yang golongan darahnya B, pasti type nya cuek ya? (aku banget-) ya, kalau di ajak pergi oke, ngak jadi pergi juga oke, kemana aja juga oke, nurut aja deh. Yang bergolongan darah O gimana? Kalau orang yang golongan darahnya O…. dia suka bingung nih, kalau di ajak diskusi, bingung nentuin tempat yang cocok, pertimbangannya juga banyak banget tuh.

Enak kali ya kalau liburan bareng teman-teman^^

Tapi, kalau mesti menghadapi situasi seperti tadi, pas mau diskusiin tempat tujuannya aja seribet itu, gimana yang lainnya. Hehe.

Ternyata susah ya kalau kita ngak tahu kepribadian lawan bicara kita, baik itu teman, keluarga atau orang yang ada disekitar kita. Takutnya nanti ada yang salah dengan apa yang kita lakukan atau kita ucapkan, bisa menyakiti perasaan mereka. Nah, justru karena itu  tuh kita ngak boleh egois ataupun cuek, demi kebaikan hubungan silahturahim antar sesama Warga Negara Indonesia yang berbeda suku budaya bangsa dan agama, dengan warga Negara lain juga ya. Kita harus mencoba memahami sifat kepribadian yang dimiliki oleh mereka sesuai dengan golongan darah mereka masing-masing, meskipun terlihat sepele tapii percayalah, itu sangat membantu kita dalam berbagai hal.

Dan…. Terima kasih banget buat Park Dong Sun oppa, yang sudah menciptakan buku Simple Thinking about Blood Type ini, bahkan sekarang penerbit haru sudah membantu menerbitkan seri bukunya sampai yang ke-3 loh dengan bantuan terjemahan dari kak Achie ^^. Terjemahan? Iya buku ini di adopsi dari korea loh, yang full bahasa koreanya, makanya terima kasih baget buat penerbit haru dan kak Achie yang telah bekerja keras untuk kita, membantu kita untuk bisa memahami dan lebih mengenal satu sama lainnya berdasarkan golongan darah yang kita miliki.

Tenang aja, buku ini ngak berbentuk novel atau seperti buku-buku lainnya yang full sama tulisan loh. Buku ini di kemas dalam bentuk komik loh atau biasa dikenal dengan K-toon (animasi 2D) yang bikin kita makin nyatai membacanya, gambarnya juga ngegemasin loh.

So, buat kalian yang mau menjaga hubungan baik kalian sesama keluarga, saudara, tetangga, teman sekolah, teman kantor, teman jalan, atau siapapun itu yang kalian temui. Yuk mari membaca K-toon terbitan Penerbit Haru ini ya Simple Thinking about Blood Type yang kini sudah masuk ke seri 3, semua serinya masih bisa dibeli kok. Kalau di toko buku yang dekat rumah kalian ngak tersedia, kalian bisa membelinya secara online melalui website owlbookstore.co.id … Happy Shopping, Happy Reading dan Happy Holiday All ^^

Oh ya, di buku K-toon ini banyak loh pokoknya yang dibahas. Baik itu tentang hal-hal yang biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan di sekolah, di kantor dan mengenai masalah percintaan. banyak untungnya deh baca buku ini ^^ So, jangan mau ketinggalan ya, rugi loh.

*Pygmalion effect: Teori tentang orang yang bereaksi dengan lawan bicaranya dengan bertingkah seperti yang diharapkan.
*Labeling effect: Teori tentang orang yang bertingkah sepertiyang dilabelkan pada dirinya oleh lawan bicaranya, misalnya berprilaku negatif karena di cap negatif.
*Barnum effect: Kecenderungan untuk mengakui secara psikologis bahwa sifat yang dimiliki orang-orang secara umum adalah ciri khusus dirinya sendiri. contohnya; pas lagi ngomongin sifat baik orang lain pasti dia langsung beranggapan bahwa dialah yang sedang dibicarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar