Rabu, 16 September 2015

Review Go Set a Watchman by Harper Lee




Penulis : Harper Lee
Penerbit : Qanita
Terbit : September 2015
Tebal : 288 halaman
ISBN : 9786021637883

Ditulis di pertengahan 1950-an, Go Set a Watchman adalah naskah pertama yang diajukan Harper Lee kepada penerbit sebelum To Kill a Mockingbird. Setelah dianggap hilang, kini naskah berharga ini ditemukan di akhir 2014. Harper Lee, penulis penyendiri yang tak mau lagi menerbitkan novel setelah To Kill A Mockingbird, pun akhirnya setuju untuk membagi kisah awalnya kepada dunia.

Go Set a Watchman mengisahkan kehidupan para tokoh di To Kill A Mockingbird dua puluh tahun kemudian. Jean Louise Finch—atau Scout— kembali ke Maycomb, Alabama untuk mengunjungi, Atticus, ayahnya yang sudah uzur. Namun, kota kelahirannya tak lagi seperti dulu, begitu pun sang ayah. Scout harus berjuang mengatasi masalah-masalah pribadi dan politis tentang sang ayah dan kota kecil yang dulu membentuk siapa dirinya.

Mengisahkan bagaimana Scout menerima dan beradaptasi dengan perubahan dan peristiwa-peristiwa menggemparkan yang membentuk Amerika di pertengahan 1950-an, Go Set a Watchman memberikan pandangan baru tentang kisah klasik karya Harper Lee. Menggugah, lucu sekaligus menggebrak tatanan sosial masyarakat Amerika saat itu.

-------Go Set a Watchman-------

Scout yang dulu memilih tinggal di New York, kini setelah dewasa. Ia berencana untuk pulang ke kampung halamannya, Alabama. Menemui ayahnya, Atticus dan saudara laki-laki-Jem-.

Setelah Scout kembali, ia mulai berusaha untuk terjun dan memahami lebih jauh akan masalah politik dan pribadi keluarganya. Masalah yang dulu ia coba hindari. Bersama dengan Jem, mereka berusaha untuk kembali meyayangi ayah mereka. Membangun kembali hubungan harmonis yang ada di keluarga mereka.

Tapi, kenyataan buruk harus mereka hadapi, dimana Ayahnya yang dulu sangatlah baik dan bijak, kini telah berubah. Pengacara yang dulunya membela kaum kulit hitam kita telah membencinya. Kenyataannya kini berbalik, Apa yang telah terjadi sebenarnya? Bagaimana Scout dan Jem menghadapi Atticus yang sekarang?

***
Pada umumnya semua orang mengetahui bahwa Go Set a Watchman adalah sequel dari novel To Kill a Mockingbird. Tapi tahukan anda ternyata novel Go Set a Watchman ini ditulis oleh Harper Lee sebelum To Kill a Mockingbird?

Lalu, apa yang terjadi pada novel Go Set a Watchman yang kehadirannya telah ditunggu-tunggu selama puluhan tahun ini?

Setelah mencari tahu tentang novel ini, aku terkejut saat mengetahui suatu hal. Dimana kenyataannya adalah naskah novel ini sebenarnya telah lama menghilang, karena itu tidak masalah bagi Harper Lee yang memang telah menyataka bahwa To Kill a Mockingbird adalah novel satu-ssatunya. Tapi siapa yang menyangka bahwa akhirnya draft naskah tersebut ditemukan. Meski terjadi perdebatan atas keputusan apakah novel ini akan diterbitkan atau tidak, namun akhirnya novel ini diterbitkan.

Banyak hal yang mengejutkan dan tidak terguda akan kau dapati dalam novel ini. Masih dengan cerita yang diambil dari sudu pandang orang pertama yakni Scout dan bersetting di Alabama. 

"Gentlemen, if there's one slogan in this world I belevie, it is this: equal rights for all, special privileges for none."
 
Kepopuleran novel ini membuat begitu banyak penerbit begitu ingin mendapatkan hak terbit naskahnya. Alhasil, kini lebih dari 70 negara telah menerbitkan novel ini, termasuk Indonesia dengan Penerbit Mizan sebagai penerbit yang dipercayakan untuk mendapatkan hak terbit naskah.

So, novel ini memanglah begitu fenomenal sejak diumumkan pertama kalinya Go Set a Watchman akan diterbitkan. Begitu banyak orang yang menanti kehadirannya, bagaimana dengan kalian?

Untuk kalian yang baru mengetahui keseruannya novel ini –seperti saya- maka wajib segera membelinya. Ada beberapa toko buku online, dimana kalian bisa mendapatkan novel To Kill a Mockingbird dan Go Set a Watchman sekaligus dengan diskon tentunya ^^

Novel yang wajib dibaca dan untuk orangtua dan baiknya menyarankan pada anaknya untuk membaca novel ini juga, agar mereka mengerti akan istilah pemerkosaan, negro, rasis, dan hal lainnya. To Kill a Mockingbird dan Go Set a Watcham, begitu banyak pelajaran yang akan kita dapati di dalamnya. Terpenting kita bisa memahami masalah rasisme secara lebih logika dan rasional, dimana setiap masalah kau tidak bisa hanya memandangnya dari sudut yang menyalahka, sudut yang bisa merugikan orang lain. Tidakkah seharusnya kita berpikir lebih bijak, hitam-putih, atas-bawah, baik ataupun buruk jangan pernah kita jadikan alasan untuk membuat orang merasa terpuruk. Terlebh karena kita tinggal di Negara yang memiliki begitu banyak Ras dan perbedaan disetiap warganya, kita harus saling menghargai satu sama lain.


Ras hitam - putih, mengingatkan akan film favorit keluarga kami.  'The Help'




Tidak ada komentar:

Posting Komentar