Jumat, 25 September 2015

Review My Boyfriend's Wedding Dress by Kim Eun Jeong



Love, love, love-. Love, love-


……There’s nothing you can do that can’t be done.

Nothing you can sing that can’t be sung…

Nothing you can say but you can learn how to play the game.

Nothing you can do but you can learn how to be you in time. It’s easy. All you need is love.

All you need is love.

Love is all you need…





 Penulis                : Kim Eun Jeong
        Penerjemah         : DwitaRizki Nientyas
        Penyunting           : NyiBlo
  Layout                 : Dedy Andrianto
        Penerbit               :  Haru
        Terbit                   : Juli 2012
        Tebal                    : 444 halaman
          ISBN                  : 978-602-7742-00-0


Bagaimana ini! Saat pernikahanku semakin mendekat, cinta pertama terkutuk yang mencampakkanku kembali lagi. Selain itu, gaun pengantin yang kupesan kepada perancang terkenal Italia juga tertukar.

Benar! Tekadku sudah bulat! Aku akan melarikan diri dari pesta pernikahanku. Tiba-tiba, gaun pengantinku yang tertukar itu menghilang!

Lalu, seorang lelaki dari New York tiba-tiba mengatakan ialah pemilik gaun itu dan sedang mencarinya!
***
Aku seorang anak yatim piatu. Orang yang selama ini membantuku secara finansial menyuruhku menikahi cucu semata wayangnya. Bahkan, cucunya mengatakan kalau ia tidak membutuhkan cinta.
Lalu, aku membuat perjanjian rahasia dengan tunanganku yang maniak gaun pengantin. Ia akan menceraikanku dan memberikan saham miliknya jika aku bisa menemukan gaun pengantinnya yang tertukar.

Benar! Tekadku sudah bulat! Aku akan terbang ke Korea dan membawa pulang gaun itu!

-------My Boyfriend’s Wedding Dress-------

Han Se Kyung, seorang wanita yang mempunyai kenangan buruk akan cinta pertamanya itu memutuskan untuk melarikan diri dari acara pernikahannya. -Seoul

Jo Hae Yoon, seorang pria yang sedang mengalami pertengkaran hebat dengan calon mempelai waitanya karena gaun pernikahanya tertukar. – New York

Mereka berdua tanpa sengaja bertemu di bandara, karena sebuah kesalahpahaman akhirnya mereka saling bertengkar dan dibawa ke kantor polisi. Masalah diantara mereka tidak selesai sampai di sana saja. Karena ternyata Se Kyung yang baru menyadari bahwa gaun pernikahannya yang pernah ia kenakan itu ternyata berbeda dengan yang ia pesan dan kenyataannya adalah gaunnya tertukar dengan gaun Oh Ye Ri-Calon Mempelai Wanita Hae Yoo- yang meminta secara paksa agar Hae Yoon ke Korea untuk mendapatkan kembali gaunnya.

Sayangnya, gaun yang ada ditangan Se Kyung di bawa pergi oleh adiknya Se Ji ke luar kota. Itu membuat Se Kyung jatuh ke masalah yang lebih besar lagi karena ia terus saja mendapat tekanan dari Hae Yoon yang ingin gaunnya cepat ditemukan.

Selain disibukkan dengan pencarian gaunnya, Se Kyung juga mendapat masalah dari kantornya. Dia yang tadinya menolak pernikahannya tidak menyadari kalau dia akan mendapat masalah besar karena keluarga calon mempelainya kemarin memiliki kuasa yang besar hingga mampu membuat Se Kyung tersiksa dengan beban pekerjaannya yang makin berat.

Apa yang akan terjadi selanjutnya? Apakah Se Kyung bisa terbebas dari semua masalah yang membebaninya? Apakah akan tumbuh benih-benih cinta dianatara Se Kyyung dan Hae Yoon? Bagaimana dengan Ye Rind an Kang Hoo-mantan pacarnya Se Kyung- yang tiba-tiba saja datang ke Korea?

****

Cinta pertamamu. Calon suamimu. Bukan berarti merekalah cinta sejatimu. Cinta itu adalah sebuah misteri yang tidak bisa diungkap begitu saja. Semua itu adalah rahasia Tuhan, dan hanya Dialah yang mengetahui jawabannya.

"Aku akan segera membuatkan kontrak itu, jadi kau harus mendaftarkannya secara hukum. Tapi ada syaratnya, kau harus mencarikan gaun pengantinku. Gaun itu hanya ada satu di dunia. Sebagai perancang busana, aku tidak dapat melepaskan gaun itu begitu saja. Aku tidak dapat merelakan gaun itu kepada siapa pun. Itu adalah gaun pengantin yang tak ternilai. Kau harus menemukan gaun itu."


"Aku sudah punya gaunku sendiri. Gaun sekarang yang sekarang ada di tangan perempuan lain! Itu adalah milikku! Bukan gaun pengiring pengantin, tapi gaunku! Itu adalah gaunku yang kupilih tiga tahun yang lalu dan akan aku pakai di pesta pernikahanku. Kau menyuruhku memakai gaun pengantin lain di pesta pernikahanku? Aku tidak bisa. Tidak akan bisa! Never!”

My Boyfriend’s Wedding Dress adalah novel kedua karya Kim Eun Jeong yang saya baca. Novelnya cukup tebal dan ceritanya juga panjang. Tapi memang nggak salah milih buku yang satu ini, ceritanya sangat dinamis dan tidak membosankan. Alur ceritanya juga mudah untuk diikuti, bahasanya yang ringan dan terjemahannya mudah dimengerti tidak membuat pembaca merasa bosan.

Karakter mereka yang tidak terlalu ditonjolkan dengan begitu kuat tapi perlahan dengan begitu banyaknya konflik yang terjadi membuat karakter masing-masing tokoh bisa di dapat dan dimengerti jalan pikiran mereka, selain itu chemistry Se Kyung dan Hae Joon yang data dirasakan perubahannya akibat adegan-adegan romantis yang tercipta.

Dua quotes yang sangat aku suka :
"Jangan pernah menilai orang dari sifatnya, karena ujung-ujungnya, hidup di dunia hanya memerlukan uang. Uang menentukan posisi. Pernikahan juga merupakan sesuatu yang menentukan kelasmu."


"Jika kau ingin menikahi perempuan lain, buatlah garis yang jelas. Jangan menaruh perasaan sedikit pun pada orang lain."

Hal yang membuat terkekeh adalah ketika membaca perdebadan Se Kyung dan ibunya, dimana ibunya meminta Se Kyung agar menikah saja dengan Kang Hoo karena umurnya sekarang sudah 28 tahun.

“Tidak mau apanya! Kau tetap mau menghancurkan pernikahan ini? Coba saja, paling juga nanti orang-orang akan mengira kaulah yang ditinggalkan. Keluarga pemilik supermarket sudah sibuk menggosipkanmu saat mereka pulang, mereka  bilang kau dicampakkan oleh Nak Kim. Ya ampun. 
Sekarang bagaimana mungkin kau bisa menikah!”

“Maksud Ibu, Ibu menyuruhku memegangi kaki lelaki yang memang bukan jodohku sambil memohon-mohon padanya agar menikahiku?”

Bukankah orang korea tidak pernah mempermasalakan umur ya? Terlebih lagi para selebritis, mereka lebih memilih untuk mendalami dunia keartisan mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah, di usia yang sudah matang dan telah mencicipi dunia entertainment cukup lama. Tapi tetap saja, menikah itu adalah keinginan setiap insan manusia, kapan dan dengan siapa mereka akan menikah, semua itu telah diatur oleh Sang Pencipta.

Buat kalian yang suka novel terjemahan dari negeri gingseng novel ini saya rekomendasikan buat kalian, karena alur ceritanya membuat kita seperti sedang menonton adegan di drama korea yang romantis penuh dengan konflik yang membuat para pemirsa jadi terbawa emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar